Ekosistem Darat (Hutan Tropis, Hutan Musim, Sabana, Stepa, Taiga, Tundra)


1.       HUTAN TROPIS
A.      Pengertian
Adalah tipe hutan di kawasan tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang tahun. Hutan Hujan Tropis dapat ditemukan Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko dan Kepulauan Pasifik. Hutan hujan tropis merupakan rumah untuk setengah spesies flora dan fauna di seluruh dunia. Hutan hujan tropis juga dijuluki sebagai "farmasi terbesar dunia" karena hampir 1/4 obat modern berasal dari tumbuhan di hutan hujan ini.
´  Contoh flora yang hidup dalam ekosistem ini adalah pohon jati, pinus, anggrek, pohon mahoni dan sebagainya.
´  Fauna yang hidup di Hutan Hujan Tropis adalah monyet, gajah, kupu – kupu, macan, babi rusa, tapir, burung kasuari, burung nuri hitam, burung merpati nicobar dan masih banyak lagi.
B.      Ciri-ciri
·         Memiliki Pohon Tinggi Berdaun Lebat
·         Kelembapan Udara Tinggi.
·         Memiliki Vegetasi Tanaman Berlapis.
·         Sinar Matahari Tidak Mampu Menjangkau Dasar Hutan.
·         Terdapat Genangan Air Di Dasar Hutan.
·         Memiliki Daya Regenerasi Tinggi.
·         Memiliki beragam jenis tumbuhan tapi tidak ada yang dominan.
·         Selalu disinari sinar matahari sepanjang tahun.
C.      Fungsi dan manfaat
·         Tempat tinggal hewan dan tumbuhan liar.
·         Penyuplai oksigen.
·         Membantu dalam menstabilkan iklim dunia.
·         Sebagai tempat terjadinya Siklus Hidrologi.
·         Mengurangi potensi banjir dan longsor

2.       HUTAN MUSIM
A.      Pengertian
Adalah hutan yang terdapat di wilayah kemarau yang cukup panjang. Hutan musim tumbuhannya cenderung bersifat homogen (sejenis). Hutan musim juga dapat dikatakan sebagai hutan yang terdapat pada daerah yang suhu udaranya cukup tinggi dan mempunyai perbedaan musim hujan dan musim kemarau yang cukup jelas. Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim yaitu Jawa Timur,  Nusa Tenggara dan Sulawesi Selatan.
´  Jenis flora yang ada di daerah hutan musim yaitu pohon jati, pinus dan cemara.
´  Jenis fauna yang hidup pada wilayah hutan musim adalah harimau, babi hutan, rusa, dan monyet kra atau kera ekor panjang.


B.      Ciri-ciri
a.       Pohonnya jarang
b.       Ketinggian pohon biasanya antara 12 s.d. 35 m,
c.       Pada musim kemarau daunnya berguguran dan pada musim penghujan daunnya pun bersemi.
C.      Fungsi dan manfaat
a.       Karena sebagian besar spesies tumbuhan yang berada di wilayah ini sangat kuat sehingga bermanfaat untuk menampung dan menyimpan air tanah.
b.       Mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor.
c.       Pencegah hal-hal penyebab abrasi.
d.       Wilayah hutan musim dikenal sebagai penghasil jenis-jenis SDA seperti kayu-kayuan dan hasil hutan lainnya.
e.        Terakhir sebagai penyeimbang iklim bumi dimana hutan musim juga membantu dalam penyerapan karbon dioksida dan mencegah pemanasan global.

3.       SABANA
A.         Pengertian
Adalah padang rumput yang dipenuhi oleh semak / perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar. Sistem biotik ini biasanya terbentuk di antara daerah tropis dan subtropis. Beberapa benua yang memiliki padang sabana di antaranya adalah Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Kurangnya curah hujan menjadi pendorong munculnya sabana. Sehingga sabana dikenal juga padang rumput tropis.
´  Flora atau tumbuhan yang hidup di hutan sabana ini antara lain adalah rumput, beberapa pohon seperti akasia dan juga pohon palem. 
´  Disini hidup hewan-hewan seperti Singa, Zebra, Gajah, Jerapah, dan Kerbau.

B.         Ciri-ciri
·         Ada di daerah yang mempunyai iklim tropis atau daerah khatulistiwa
·         Mempunyai curah hujan yang musiman
·         Curah hujan sedang dan cenderung tidak teratur
·         Mempunyai curah hujan sebanyak 100 hingga 150 mm/ tahun
·         Mempunyai suhu yang panas sepanjang tahun
·         Mempunyai porositas (resapan air) dan drainase (pengairan) yang cukup baikBisa berubah menjadi semak belukar atau hutan basah
C.         Fungsi dan manfaat
·         Mencegah tanah longsor dan juga erosi tanah
·         Menjadi rumah berbagai macam binatang dan juga tumbuhan
·         Sebagai penyeimbang alam
·         Menyimpan cadangan air
·         Sebagai tempat wisata alam dan spot fotografi yang alami

4.       STEPA
A.         Pengertian
Adalah Sebuah ekosistem pada daerah yang luas yang terdiri dari flora dan fauna yang khas di dalamnya. Ekosistem ini terbentuk karena adanya perbedaan letak geografis dan astronomis. Bioma terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi aliran materi dan energi yang dimulai dari tumbuhan.  Bioma memiliki ciri utama yaitu terdapat vegetasi tertentu yang mendominasi suatu wilayah dengan pengaruh adanya kondisi iklim regionalnya. Sehingga perbedaan antar bioma tampak jelas dari vegetasi yang tumbuh di dalamnya.
´  Flora : Pohon Akasia dan Semak Belukar
´  Fauna : Rusa, Antelop, Kerbau, Kanguru, Harimau, Singa, dan Ular

B.         Ciri-ciri
·         curah hujan yang tidak teratur, antara 250-500 mm/tahun
·         Suhu 19ºC – 30ºC saat musim panas, 12ºC – 20ºC saat musim dingin
·         Suhu udara di siang 45ºC dan di malam hari sekitar 0ºC
·         Memiliki kelembaban udara yang sangat rendah
·         Evaporasi (penguapan) tinggi yang lebih cepat dari prepitiasi (hujan)
·         Tanahnya berupa tanah tandus yang pada umumnya tidak mampu menyimpan air yang disebabkan oleh rendahnya tingkat porositas tanah dan sistem penyaluran yang kurang baik sehingga menyebabkan rumput-rumput tumbuh dengan subur, bahkan beberapa jenis rumput tingginya mencapai tiga setengah meter. Hal ini menyebabkan tumbuhnya vegetasi rumput yang luas
·         Merupakan padang rumput yang beriklim sedang

5.       TAIGA
A.    Pengertian
Adalah suatu ekosistem yang berada di hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis. Bioma Taiga menempati wilayah mulai dari perbatasan dengan wilayah bioma tundra sampai sekitar 800 km ke sebelah selatan. Bioma ini banyak ditemukan pada wilayah bumi bagian utara misalnya seperti di Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada.
´  Flora yang hidup di bioma ini adalah pohon pinus dan cemara. Selain itu  bioma ini juga ditumbuhi oleh lumut kerak serta lumut pada permukaan tanahnya
´  Faunanya adalah beruang hitam (grizily), tupai, gagak hitam, kelinci snowshoe, kucing salju, burung-burung yang bermigrasi, rusa kutub, dan srigala.

B.    Ciri-ciri
·         Bioma Taiga berada pada iklim subtropis yang memiliki curah hujan sekitar 35 – 40 cm/  tahun
·         Terdiri dari satu spesies pohon, yaitu tumbuhan konifer yang mampu bertahan terhadap suhu dingin
·         Bentuk daun tumbuhan disini berbentuk seperti jarum dan berlapis zat lilin Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas, yaitu sekitar 3 – 6 bulan
·         Perbedaan suhu pada musim panas dan musim dingin sangat tinggi
·         Selama musim dingin, terjadi hujan salju yang lebat. Musim dingin mempunyai durasi yang cukup panjang, sedangkan musim kemarau sangat singkat. Pada musim dingin lantai hutan tertutup es akibat turunnya salju yang lapisannya dapat mencapai 2 meter dibawah permukaan tanah
·         Lingkungannya sangat lembab
·         Suhu pada musim panas berkisar antara -7° C sampai 21° C
·         Suhu pada musim dingin berkisar antara -54° C sampai -1° C
·         Tanah pada Bioma Taiga merupakan tanah yang asam
·         Tumbuhan yang ada di Taiga ini selalu berwarna hijau sepanjang tahun meskipun pada waktu itu adalah musim dingin dengan suhu yang sangat rendah
C.    Fungsi dan manfaat
·         Pohonnya berfungsi sebagai Penghasil kayu
·         mempertahankan kesuburan lapisan tanah, mencegah terjadinya erosi, mencegah terjadinya jenis – jenis banjir dan sebagai tempat untuk mempertahankan keanekaragaman hayati.
·         Wilayah penghasil oksigen dan pengatur iklim.
·         Pengatur tata air dan penyimpan air tanah
·         Wilayah Bioma Taiga yang merupakan daerah hutan pinus sudah diteliti dapat menghilangkan stress jika kita berjalan – jalan sedikitnya 15 menit didalamnya. Selain itu dapat juga meredakan  pilek, sinus, sesak napas, dan bronchitis.


6.       TUNDRA
A.         Pengertian
Adalah Suatu ekosistem pada daerah yang luas yang berupa dataran tanpa pohon. dan hanya terdapat  di sekitar kutub utara dan sebagian di kutub selatan. Bioma tundra ini terdapat di sekitar lingkar Artik dan Greenland di wilayah kutub utara dan di Antartika dan pulau-pulau kecil disekitar Antartika pada sebelah kutub selatan.
´  Flora rumput teki, rumput kapas lumut dan alga.
´  Hewan-hewan yang hidup di bioma tundra, antara lain rusa, kelinci salju, hewan – hewan pengerat, caribou, muskox, rubah, burung elang, beruang kutub, burung hantu, penguin, paus beluga dan paus narwhal.

B.         Ciri-ciri
·         Hampir semua wilayahnya tertutup oleh salju/es mudahnya gurun es.
·         Memiliki musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang. Peristiwa ini terjadi karena gerak semu matahari hanya sampai di posisi 23,5° LU/LS.
·         Permafrost, yaitu dimana tanah dibawah permukaan beku secara permanen.
·         Kecepatan angin yang tinggi dan suhu yang dingin menciptakan komunitas tumbuhan yang sama, yang disebut tundra alpine.
·         Sangat sedikit curah hujan tahunan, air tidak dapat menembus permafrost di bawahnya dan akan menumpuk di dalam kolam di atas bunga tanah yang dangkal selama musim panas yang pendek.
·         Bioma Tundra menutupi luas yang sangat besar di Arktik, yang mencapai 20% permukaan tanah di bumi.
·         Keanekaragaman biotik rendah, struktur vegetasi yang sederhana, dan Usia tumbuh tanaman yang sangat pendek, hanya berkisar 30-120 hari (1-4 bulan).
·         Musim tanam berkisar 50 sampai 60 hari, dengan suhu rata – rata 3º – 120C yang memungkinkan vegetasi pada bioma tundra dapat bertahan hidup.
·         Curah hujan tahunan, termasuk saat salju mencair adalah 15 – 25 cm.

C.         JENIS
Bioma tundra dibedakan atas dua macam, yaitu tundra arktik dan tundra alpin.
       Tundra Arktik, 
       Terbentuk sejak 10.000  tahun yang lalu dan merupakan bioma termuda di dunia. Bioma tundra arktik terletak diantara kutub utara dan hutan jenis konifera atau wilayah Hutan Taiga. Daerah yang dikenal sebagai tundra basah ditemukan di seluruh wilayah sub-Arktik dan terdiri dari lapisan tanah beku permanen di sekitar 2.000 meter yang dikenal sebagai permafrost.
       Tundra alpine,
       Terletak di atas pegunungan dengan ketinggian tinggi dan dingin di seluruh dunia. Tanah di tundra alpine telah terkuras dan tanpa nutrisi, sehingga mustahil bagi pohon untuk ditanam pada daerah ini walaupun tanahnya tidak membeku sepanjang tahun seperti pada daerah tundra Arktik. Beberapa bagian dari tundra alpine dikenal sebagai tundra kering. Vegetasi tundra alpin didominasi oleh rumput alang-alang, perdu, lumut daun, dan lichen.

D.        MANFAAT
1.       Bioma Tundra sebagai penghasil ikan salmon terbesar dunia. Dimana ikan salmon memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat bagi manusia.
2.       Sebagai tempat asli suku bangsa Eskimo di Kutub Utara.
3.       Terdapat kilang minyak yang menjadi perebutan besar bagi seluruh negara dibenua Amerika dan Eropa.
4.       Sebagai habitat bagi paus beluga dan paus narwhal.


Comments

Popular posts from this blog

Teori Terbentuknya Jagat Raya dan Tata Surya Kita

Protista: Sporozoa